-->

Book Review #MillenialInvestor Investasi ala Milenial - Dea Salsabila Amira & Priscilla Maulina Juliani Siregar

 


Ke mana aja sih pengeluaran kita?

Generasi milenial biasanya keliru membedakan antara need dan want, lebih menuruti kebutuhan gaya hidup dengan alasan ingin membeli pengalaman.

Lalu, apa yang akan terjadi dengan generasi ini pada 10 tahun ke depan? Adakah dari generasi milenial yang terpikirkan untuk berinvestasi?

Yuk, mulai berinvestasi ala milenial!

* Emas
* Reksadana
* Saham
* Obligasi
* Peer-to-Peer Lending (P2P)
* Properti
* Usaha

Buku ini berisi sharing pengalaman dua penulis dari generasi milenial yang sudah berinvestasi sejak usia muda, lengkap dengan langkah-langkah memulai investasi sampai sukses memiliki banyak investasi. Langkah-langkah mereka layak untuk dicoba!

***

Berbicara tentang investasi pasti akan timbul pertanyaan “sebenarnya investasi itu apa sih?” kalau dari jawaban yang ku temukan google sih kurang lebih investasi itu adalah menanam dana atau aset agar menghasilkan return di masa depan. Jadi, jelas yaa kalau investasi itu untuk jangka panjang.

Millenial Investor atau Investasi ala Milenial adalah sebuah buku yang membahas tentang dasar-dasar investasi. Dari judul bukunya sih sangat menjanjikan tapi apakah isinya akan sama dengan harapan pembaca?

Buku ini mempunyai dua sudut pandang karena ditulis oleh dua penulis. Cilla dan Dea. Di awal halaman buku ini sangat menjanjikan tapi makin ke halaman berikutnya kok agaknya berbeda dari isi judulnya ya, ternyata pembahasan tentang investasi akan kamu temukan di pertengahan buku ini.

Jika kamu berharap buku ini akan membahas secara detail tentang investasi sebaiknya kamu harus pikir-pikir lagi untuk membacanya. Sebab kedua penulis lebih fokus menjelaskan tentang bagaimana perjalanan mereka dalam mengelola uang dan bagaimana cara didikan kedua orangtuanya. Tapii, jika kamu mencari basic tentang investasi agar kamu lebih paham maka menurutku kamu wajib membaca buku ini.

Lewat buku ini kamu akan tau beberapa macam investasi, apa itu investasi emas, reksadana, saham, obligasi, properti, usaha dan beberapa hal lainnya. Dan lewat buku ini juga kamu akan tahu bagaimana cara mengelola uang dan tentang asset apa saja yang kamu miliki.

Mungkin aku sempat kecewaan karena buku ini tidak sesuai dengan apa yang di gambarkan lewat blurbnya tapi sedikit banyak aku bersyukur membaca buku ini karena ada beberapa tips dari penulis yang berhasil membuat hatiku tergerak untuk melalukannya.

Contohnya saja seperti menuliskan apa impianku untuk tiga bulan ke depan dan usaha apa yang akan aku lakukan untuk mewujudkan impian tersebut.

Selain itu aku juga suka dengan cara penulis memotivasi para pembaca lewat cerita dan pengalamannya. Bahwa sebuah kesuksesan tidak akan datang begitu saja tanpa kamu berusaha terlebih dahulu. Karena untuk sukses secara finansial kamu harus belajar tentang bagainama mengelola uang dengan baik.

Btw, isi buku ini sangat colourfull jadi aku yakin untuk kalian yang terasa berat membaca buku non-fiksi buku ini akan memanjakan mata kalian dengan ilustrasi dan warna di dalamnya. Jadi, semangat berinvestasi yaa!

Beberapa kutipan dari buku investasi ala millennial:

“Kebahagian kita bukan berdasarkan apa yang kita miliki hari ini, esok, atau seterusnya. Kebahagian selayaknya adalah ada dalam diri bukan di luar diri atau apa yang dimiliki diri pada hari ini. Melalui berbagi justru menambah kebahagian itu sendiri.” Hal. 156

“Tak perlu menunggu serba sempurna, serba ada, serba lengkap, atau serba memilikinya, baru kemudian ingin berbagi. Karena jika menunggu semuanya serba ada, maka kita tidak akan pernah belajar menanamkan kepedulian sedini mungkin.” Hal. 169

“Banyak generasi milenial yang memiliki mimpi tapi tidak kunjug berusaha mewujudkan mimpinya.” Hal. 227

“Bahwa kegagalan adalah suatu proses dan bukanlah hasil. Kita perlu gagal ribuan kali untuk bisa berhasil. Makin sering kita gagal dan makin cepat kita gagal, maka makin dekat kepada kesuksesan tersebut.” Hal. 230

Sekian! Daah.

Baca juga

2 komentar

  1. pas baca kutipan yang ini, "Banyak generasi milenial yang memiliki mimpi tapi tidak kunjung berusaha mewujudkan mimpinya" dalam hati langsung bergumam, "yepp, that's me!🙈😆".

    Makin kesini makin banyak buku-buku yg jenisnya self-awareness dan ngajarin soal money mindset, investasi, cara mengelola uang, dll, tapi aku kok malah makin takut buat memulai yaa. Padahal kalau dari ulasan buku ini, investasi nggak semenyeramkan itu kayaknya yaa mbak? Fix harus banyak baca buku lagi, sih😅 masukin wishlist dulu ✅

    Anyway, aku pertama kali main kesini karena tau dari story kak Eno, wehehehe. Salam kenal yaa mbak😊

    BalasHapus
  2. Belajar dari diri sendiri yg telat mulai berinvestasi, baru mulai pas udah nikah, sementara sebelumnya hura2 Mulu 🤣.

    Makanya aku ga mau anakku ngelakuin kesalahan sama mba. Sejak umur 5 tahun mereka aku ajarin investasi. Bukan nabung yg biasa, Krn percuma bakal kegerus inflasi. Akhirnya aku ajarin dengan BHS sederhana, apa itu investasi dan hubungan Ama inflasi. Di antara mereka si adek sih yg paling semangat 'ngumpulin emas' kalo dia bilang :p, buat bekal dewasa.

    Mereka akhirnya lebih milih investasi di LM. Dan aku pikir yg paling cocok , Krn kalo saham dll, butuh minimal umur. Dengan mulai nabung LM dari sekarang, aku berharap itu bisa kadi bekal mereka dan membiasakan diri buat investasi . Nanti kalo usia udah cukup, baru aku ajarin ttg saham dan lainnya :).

    BalasHapus

Posting Komentar