Review Jakarta Vigilante - Victoria A. Lestari



Judul: Jakarta Vigilante
Penulis: Victoria A. Lestari
Penyunting: Puput Alvia
Tata Letak: werdiantoro
Ilustrasi & Rancang Sampul: @katalika_project
Penerbit: Aria Media Mandiri (Shira Media Group)
ISBN: 978-602-5921-20-9

Sinopsis: 

Jakarta. 
Ibukota dengan berjuta-juta penduduk. Kota metropolitan dengan hiruk pikuk aktivitas manusia dan tingkat kriminalitas yang tinggi. Namun, bagi Tiara Suryajati—putri konglomerat Indonesia yang sangat angkuh dab semuanya sendiri—semua keramaian itu tak ada artinya, karena ia hanya memedulikan dirinya dan orang-orang terdekatnya saja. Hingga suatu hari, Angela, adik sepupu yang sangat disayanginya, diculik oleh preman-preman yang sangat keji dan tewas di tangan mereka. Ketika Tiara memperoleh informasi bahwa ternyata ada dalang di balik kematian Angela, ia pun segara bertindak. Di bantu oleh sang polisi idealis Bagus Prawirasetya, pengawal pribadinya Danar Eka Narabhakti, serta sahabatnya Lita Darmadi, Tiara—yang mulanya hanya ingin membalaskan dendam kematian Angela—mengusut fakta demi fakta yang menyeretnya lebih jauh lagi ke dalam kerumitan intrik lawannya, serta membangkitkan kesadarannya terhadap permasalahan yang terjadi di Jakarta. Berpenampilan serba hitam, Tiara menembus kegelapan Jakarta, tanpa terikat pada hukum yang berlaku—menjadi seorang vigilante.

***

Apa sih yang aku suka dari novel ini?

Pertama, aku suka covernya yang… Elegan? Yap! Kamu bisa lihat sendiri cover buku ini memang sangat menarik perhatian bagi yang melihatnya. Dulu saat pertama tau kak victoria nerbitin buku aku langsung di buat takjub dengan desain covernya.

Kedua, ide cerita yang di angkat. Seperti yang aku sebutkan di ulasan sebelumnya. Awalnya aku mengira ini hanya novel yang bercerita tentang wanita sosialita yang bernama Tiara. Tapi, siapa sangka isi ceritanya nggak sesederhana yang aku bayangkan. Rumit sekali. Beberapa hal yang di bahas seperti bagaimana seharusnya hukum di negara ini di tegakkan tapi pada kenyataan engga. Bagaimana kotornya para pejabat-pejabat melakukan ini itu demi sebuah kekuasaan. Dan banyak hal lain yang di angkat dalam cerita ini.

Ketiga, karakter para tokoh. Karakter yang paling aku suka tentu saja Lita. Seorang programmer yang luar biasa. Selalu di buat takjub dengan kejutan-kejutan yang bisa ia lakukan dengan laptopnya. Sampai aku bertanya-tanya bisa yaa teknologi secanggih itu.

Ohiya membahas tentang karakter, disini terdapat banyak tokoh dengan karakter yang berbeda-beda.

Tiara--wanita sosialita--yang menjadi seorang vigilante karena ingin membalas dendamnya.

Bagus--polisi idealis--yang ikut membantu Tiara dalam menjalankan misinya.

Danar, bodyguard Tiara yang melindungi dan menjaga Tiara.

Lita, sahabat Tiara seorang programmer yang ikut membantu Tiara dalam menjalankan aksinya.

Mereka semua bekerja sama untuk menuntaskan segala kerumitan yang terjadi di jakarta.

Dari segi alur cerita ini terasa pas walau ada di beberapa bagian ketika memperkenalkan para tokoh ceritanya jadi lambat karena terlalu bertele-tele dan pada satu titik jadi terasa bosan. ⁣

Selebihnya aku cukup menikmati. Apalagi ketika bagian penulis memasukkan satu persatu konfliknya.

Jika ada kekurangan maka itu ada di bagian penyelesaian konflik yang terkesan lambat walau sebenarnya ada maksud-maksud tertentu yang ingin di sampaikan oleh penulis.

But, aku cukup menikmati semua permainan alur yang terjadi.

Ohiya, aku lupa bilang ada hal menarik dari novel ini yaitu ketika penulis menceritakan kisah yang mempunyai alur mundur dan alur maju, di setiap bagian perubahan alur penulis selalu menyisip tempat dan waktu jadi sebagai pembaca tidak akan kebingungan ketika terjadi perubahan alur.

Apa yang perlu kamu tahu tentang novel ini?

Pertama, karena ini kisah tentang Tiara si wanita sosialita, di awal-awal kamu akan mengetahui bagaimana kehidupannya yang begitu glamor di kota metropolitan.

Kedua, ada Bagus seorang polisi idealis yang akan mengajarkanmu bagaimana tetap teguh pada apa yang di anut dan tidak mudah goyah hanya karena sebuah jabatan yang lebih tinggi.

Ketiga, konflik utama yang di angkat adalah membasmi kekacauan dan kerusakan yang di ciptakan oleh oknum-oknum yang mempunyai jabatan tinggi dan salah menggunakan jabatannya.

Ohiya, sedikit cerita, novel ini sempat dibaca juga oleh ayahku ketika aku bawa pulang ke rumah. Terus aku nanya sama ayah bagaimana tanggapan beliau, terus beliau jawab "Novelnya menarik. Karena kita jadi tahu bahwa hukum yang berjalan di negara ini tidak sesuai dengan apa yang sudah di tetap kan. Dan bagaimana banyak petinggi-petinggi serta orang penting menyalahgunakan itu semua demi egonya sendiri.

Yaa, itulah yang perlu kamu tahu bahwa isi di cerita ini memang sangatlah idealis. ⁣

Bagaimana lewat tokoh Bagus kita tahu bahwa masih ada polisi yang idealis dan bertanggung jawab dengan apa yang menjadi kewajibannya. Apalagi akhir-akhir ini citra penegak hukum lagi jatuh-jatuhnya kan?

Nah disini di ceritakan, ngga semua polisi seperti itu. Masih ada yang baik dan idealis hanya saja tertutup oleh mereka yang nggak baik.

Aku ingin merekomendasikan cerita ini untuk kalian yang ingin tahu bagaimana kotornya perang sesama orang penting di negara kita. Well, Kak Victoria memang nggak secara langsung menyebutkan siapa-siapa saja atau menunjukkan cerita itu tertuju ke siapa, tapi, ini beneran deh setelah aku baca cerita ini aku jadi lebih tau banyak tentang Jakarta yang banyak katanya itu.

Terus kalau kamu ingin cari bacaan yang membahas tentang dunia programmer, nah di cerita ini juga ada membahas tentang programmer lewat kehidupan Lita dan Phillip. Yang pastinya sangat detail.

"Supaya penduduk bisa aman, populasi penjahat harus ditekan. Supaya semua penjahat bisa berkurang, anak-anak harus dididik dari kecil. Kemiskinan juga ada andilnya dalam membentuk penjahat. Jadi masalah ini juga ngga menyangkut polisi, tetapi juga pemerintah." -Lita

Baca juga

Posting Komentar