Buku Latihan Soal MANTAPPU JIWA - Jerome Polin Sijabat




Hallo.. comeback to my blog! Salam hangat dulu untuk pembaca blogku, ulasan buku kali ini akan sangat berbeda dari biasanya. Check it!

Judul: Buku Latihan Soal MANTAPPU JIWA
Penulis: Jerome Polin Sijabat
Editor: Ruth Priscilia Angelina
Penyelia naskah: Nina Andiana
Ilustrasi dan desain sampul: Isa Indra Permana
Desain isi: Bayu Deden Priana
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

***

Sinopsis: 

“Jadi ini buku latihan soal matematika ya, Jer?”

Bukan!

Kata orang, selama masih hidup, manusia akan terus menghadapi masalah demi masalah. Dan itulah yang akan kuceritakan dalam buku ini, yaitu bagaimana aku menghadapi setiap persoalan di dalam hidupku. Dimulai dari aku yang lahir dekat dengan hari meletusnya kerusuhan di tahun 1998, bagaimana keluargaku berusaha menyekolahkanku dengan kondisi ekonomi yang terbatas, sampai pada akhirnya aku berhasil mendapatkan beasiswa penuh S1 di Jepang.

Manusia tidak akan pernah lepas dari masalah hidup, betul. Tapi buku ini tidak hanya berisi cerita sedih dan keluhan ini-itu. Ini adalah catatan perjuanganku sebagai Jerome Polin Sijabat, pelajar Indonesia di Jepang yang iseng memulai petualangan di YouTube lewat chanel Nihongo Mantappu.

Yuk, naik roller coaster di kehidupanku yang penuh dengan kalkulasi seperti matematika.

It may not gonna be super fun, but I promise it would worth the ride.

Minasan, let’s go, MANTAPPU JIWA!

***

Cuma mau bilang; Mas Jer, kamu kereeen!

Sebelumnya, kalian pada kenal nggak sih sama Jerome Polin ini? Sering ngikutin kegiatan dia dulu di instagram? Kalau kalian tanya aku sih, aku belum lama ini tahu dia dari aku YouTube-nya. Dan awal-awal bulan januari aku follow dia di Twitter.

Pada akhirnya, Jerome menerbitkan buku yang menceritakan tentang kehidupannya dari kecil sampai dia bisa kuliah di salah satu universitas yang ada di Jepang. Jerome ini pintar matematika loh..

Membahas tentang buku, pasti pertama yang terlintas adalah judul, kan? Dan judul buku ini adalah ” Buku Latihan Soal MANTAPPU JIWA” kebayang ngga kalau sepanjang halaman buku ini berisi soal matematika semua? HAHAHA aku yang ngga paham matematika ya pasti terplonga plongo aja baca bukunya.

Tapi, emang iya buku ini soal matematika doang? Hehe, ngga kok! Seperti yang kamu baca di sinopsis di atas, buku ini berceritakan tentang perjalanan hidup seorang Jerome Polin Sijabat. Dari ia lahir, pindah ke Surabaya, menentukan sekolah yang sesuai kondisi ekonominya, kegiatan-kegiatan yang sering ia lakukan, dan sampai ia bisa menjadi seperti sekarang. Seorang Jerome Polin Sijabat yang di kenal oleh banyak orang yang punya cita-cita ingin menjadi menteri pendidikan Indonesia. Semoga tercapai ya, Mas Jer! Aamiinn!

Terus kenapa di judul ada bahasan soal latihan? Memangnya buku ini ada soalnya juga? Iyaa! Buku ini juga disuguhkan dengan ilustrasi soal-soal matematika. Nahloh, yang ngga bisa matematika gimana dong? Tenang saja, Jerome juga menjawab soalnya langsung. Hitung-hitung belajar matematika yakan?

Dan untuk isi di dalam buku ini, 200 halaman lebih yang akan kamu lalui nggak akan membuat kamu bosan, percayalah! Karena setiap halaman ke halaman berikut akan ada ilustrasi dan warna kertas yang berbeda. Dan juga banyak quotes-qoutes yang memotivasi yang di tandai dengan hastag #rumusjerome

Di dalam buku ini akan banyak kamu temukan hal-hal baik yang membuatmu berpikir, merenung dan membangkitkan semangatmu. Dan semoga saja apa yang ingin Jerome sampaikan kepadamu melalui buku ini tersampai dengan baik.

Kalau kamu tanya apa yang aku suka dan nggak suka dari buku ini, mohon maaf aku nggak bisa mengatakan itu. Tapi apresiasiku sebesar-besarnya untuk Jerome Polin Sijabat karena telah mau berbagi pengalamannya melalui buku ini. Aku sempat terharu di beberapa bagian, tentang bagaimana perjuangannya menjalani tes sana sini, tentang impian masa kecilnya yang akhirnya terwujud, dan juga ucapan selamat di akhir cerita dari keluarga yang terus mensuportnya. *sedih*

Benar kata Jer, “Roma yang kita tuju belum tentu Roma yang Tuhan maksudkan.” Akan selalu ada jalan jika kita terus berusaha dan berdoa.

Sekian, ulasan singkat dariku, semoga membuatmu mau membaca buku ini. Jika kamu sudah baca, aku mau di ajak berdiskusi membahas apa yang aku suka dan nggak suka dari buku ini.

“Dari dulu saya ingin jadi berbeda dari orang lain. Selain belajar di sekolah saya berusaha menguasai banyak hal seperti alat musik, olahraga, nyanyi… jadi meskipun saya belajar matematika, saya yakin dapat bekerja di lapangan dan di balik meja sekaligus karena saya yakin dapat menjadi matematikawan yang berbeda dari matematikawan lain.” Hal. 59

Baca juga

2 komentar

Posting Komentar